Bunda, Lakukan hal ini untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak

Mengembangkan kecerdasan anak bisa dimulai dengan cara yang sederhana yaitu dengan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Image

PanduanIbu.com - Mengembangkan kecerdasan anak bukan berarti harus mengikutkan anak pada les-les tertentu, namun dengan interaksi sehari-hari ibu juga bisa menstimulasi anak agar mereka lebih cerdas. Berikut adalah beberapa cara mengembangkan kecerdasan anak, yaitu:

  • Mengetahui minat dan ketertarikan anak
    Mengenali minat anak yang besar pada satu bidang sangat membantu untuk mengenali potensinya. Misalnya anak suka membaca buku, berolahraga, bermain musik atau memasak. Dengan mengetahui minat anak maka akan lebih mudah mengajari berbagai hal pada anak melalui hal-hal yang menjadi minat atau kesukaannya itu, sehingga kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.
  • Mendorong anak agar bertanya
    Dalam setiap kesempatan, dorong anak untuk bertanya. Rasa ingin tahunya yang besar merupakan modal untuk mengajarinya berbagai pengetahuan baru.
  • Mengajari anak menemukan jawaban
    Setelah anak bertanya, maka akan lahir rasa ingin tahu yang besar pada anak. Sebaiknya jangan langsung memberikan jawaban, tetapi ajaklah anak untuk mencari jawabannya bersama-sama, misalnya dengan membuka buku atau cara lain sehingga imajinasi anak menjadi lebih terbangun.
  • Membangun rasa ingin tahu atas jawaban yang diberikan
    Jangan bosan menjawab pertanyaan dari anak ketika anak bertanya terus-menerus. Satu informasi baru yang diterimanya saling terkait sama lain sehingga anak akan membangun kesimpulan sendiri.
  • Melakukan permainan yang memecahkan masalah
    Banyak permainan yang bisa membantu anak mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan masalah, misalnya bermain membuat bentuk dari lego, membuat kata, dan sebagainya.
  • Mendorong anak untuk menyukai hal-hal baru
    Walaupun anak mempunyai minat pada bidang musik, namun ibu juga perlu mengenalkannya pada kegiatan olahraga supaya anak mengenal hal-hal baru sehingga wawasannya bertambah luas.