Tips Memilih Tempat Melahirkan

Tempat melahirkan sebaiknya yang bisa memberikan keamanan dan kenyamanan untuk ibu dan bayinya.

PanduanIbu.com - Menjelang kelahiran buah hati, tentu hal yang dilakukan salah satunya adalah memilih tempat melahirkan. Dalam menentukan tempat melahirkan bukanlah hal yang gampang bagi seorang wanita. Sebab, tempat yang aman dan nyaman memberikan dampak positif dalam kelancaran proses melahirkan. Tempat yang dianggap nyaman tentunya memerlukan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut tergantung pada Anda dan pasangan. Sehingga jauh-jauh hari sebelum hari perkiraan lahir (HPL) sudah harus merencanakan tempat untuk melahirkan. Di rumah sakit atau di rumah bersalin, dekat rumah atau dekat kantor, perlu dipikirkan dan dipertimbangkan lagi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tempat melahirkan antara lain:

Anggaran

Memilih rumah sakit atau rumah bersalin harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Anda harus mencermati betul berapa perincian biaya disana seperti biaya melahirkan, biaya rawat inap, dan biaya operasi caesar apabila kondisinya mengharuskan untuk operasi caesar. Sehingga tidak terjadi masalah dalam keuangan keluarga Anda, dan Anda akan mendapatkan pertolongan terbaik yang dibutuhkan.

Fasilitas

Pilihlah klinik atau rumah bersalin yang memiliki fasilitas rujukan ke rumah sakit yang lebih besar dan memiliki mobil ambulans. Gunanya agar jika Anda mengalami kondisi darurat dapat segera dilarikan ke rumah sakit rujukan. Selain itu juga perlu diperhatikan mengenai tenaga ahli, apakah dalam keadaan mendesak para dokter atau bidan tersebut bersedia dihubungi dan datang.
Fasilitas rooming in juga perlu dipertimbangkan, apakah ada fasilitas tersebut di klinik atau yang Anda pilih. Fasilitas rooming in ini merupakan fasilitas dimana bayi ditempatkan di kamar yang sama dengan Anda setelah proses melahirkan selesai, sehingga bayi akan terjamin mendapatkan ASI dan bayi dapat menyusu kapan pun ia mau serta menunjang keberhasilan ASI Eksklusif.

Jarak Tempat Bersalin

Persalinan dapat datang kapan saja tanpa terduga, pagi, siang, atau malam. Sehingga jarak dengan rumah atau kantor perlu dipertimbangkan, termasuk perkiraan lama perjalanan di saat jam sibuk untuk mengantisipasi kondisi melahirkan darurat.

Kebersihan dan Susasana Tempat Bersalin

Persalinan harus ditempat yang steril dan memberikan kenyamanan untuk ibu dan bayinya. Sehingga proses persalinan berjalan dengan lancar. Ibu yang baru saja melahirkan juga perlu waktu untuk istirahat sehingga membutuhkan waktu dan suasana yang tenang.

Kredibilitas

Pilihlah tempat bersalin yang sudah memiliki reputasi yang baik. Tentu Anda tidak mau jika ditangani oleh bidan-bidan yang masih dalam masa training atau mahasiswa yang sedang belajar praktek.

Jika selama kehamilan dokter tidak menemukan masalah atau faktor resiko tertentu pada kehamilan, maka lebih baik memilih tempat melahirkan di rumah bersalin. Namun, jika selama kehamilan ditemukan masalah atau faktor resiko tertentu maka sebaiknya calon Ibu memilih rumah sakit besar yang berfasilitas lengkap untuk tempat bersalin.