Kalkulator HPL (Hari Perkiraan Lahir) Bayi

Gunakan Kalkulator HPL (Hari Perkiraan Lahir) di bawah ini untuk menentukan tanggal lahir buah hati anda dengan mudah dan akurat.

 

Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)
Siklus Haid

 

Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) berdasarkan Riwayat Menstruasi (HPHT)

Usia kehamilan adalah rentang waktu usia janin dimulai dari awal pembuahan hingga bayi dilahirkan. Secara sederhana usia kehamilan bisa diperkirakan dengan cara mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT). Perhitungan HPHT menggunakan asumsi bahwa pembuahan terjadi pada hari ke 14 dari siklus mentruasi. Asumsi ini mengakibatkan metode ini mempunyai tingkat kesalahan plus minus 2 minggu.

Metode perhitungan HPL berdasarkan riwayat menstruasi dikenal dengan rumus Naegele yang kemudian disempurnakan dengan rumus Parikhs sebagai berikut:

HPL = HPHT + 9 bulan + (lama siklus haid - 21 hari)

Rata-rata usia kehamilan adalah 40 minggu atau 280 hari dari HPHT yang normal.  Untuk memudahkan anda menghitung HPL, PanduanIbu.com telah menyediakan Kalkulator Hari Perkiraan Lahir di atas. Cukup isikan data hari pertama haid terakhir anda dan lama siklus menstruasi anda.

Kapan Tepatnya Bayi Saya akan Lahir?

Estimasi HPL hanya sebuah metode menghitung perkiraan lahir. Waktu lahir bisa maju atau mundur tergantung kondisi ibu dan janin. Kebanyakan bayi lahir di rentang waktu 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah HPL.

Jangan khawatir selama bayi anda sudah cukup bulan (37 minggu) dan tidak ada keluhan selama kehamilan, bayi bisa lahir dengan normal.

Animasi untuk Menghitung HPL

Di bawah ini kami juga menyediakan aplikasi / animasi sederhana untuk menghitung HPL, berat janin, tinggi janin, dan pertambahan rata-rata berat badan ibu hamil. Untuk memulai, arahkan mouse ke area lingkaran, lalu gerakan memutar sesuai kondisi kehamilan anda. Arahkan jarum merah Hari Pertama Haid Terakhir sesuai tanggal.

Sumber: Dinas Kesehatan

 

Artikel terkait HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Kehamilan adalah sesuatu yang sangat ditungu-tunggu oleh pasangan suami istri. Untuk mengetahui perkembangan ibu hamil dan janin yang dikandungnya, silahkan klik pada link di bawah ini: