Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang sehat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

PanduanIbu.com - Asupan makanan sehat untuk ibu hamil sangat diperlukan terutama pada awal kehamilan atau pada trimester pertama, karena pada usia awal kehamilan ini masih rentan mengalami keguguran. Selain itu, gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama adalah mual dan muntah sehingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia awal kehamilan sangat penting untuk memenuhi asupan makanan yang sehat seperti vitamin dan mineral sehingga janin dapat berkembang dengan baik. Makanan ibu hamil muda memang lebih intensif. Walaupun begitu, makanan ibu hamil trimester pertama ini harus tetap diperhatikan. Ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan yang sehat agar kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi dan nutrisi untuk janin yang ada di dalam kandungan juga terpenuhi.
Ibu hamil harus mengetahui makanan sehat yang perlu dikonsumsi saat hamil. Makanan ibu hamil juga harus memenuhi nutrisi ibu hamil. Selama kehamilan ibu harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat. Ibu hamil tidak dianjurkan memakan makanan sembarangan karena bisa menimbulkan dampak yang buruk pada ibu dan janin. Sehingga ibu hamil harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, antara lain:

Telur

Asupan gizi ibu hamil terdapat di dalam sebuah telur. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari satu telur antara lain satu telur hanya mengandung 90 kalori, mempunyai lebih dari 12 vitamin dan mineral, mengandung banyak protein yang berkualitas yang tentunya sangat penting untuk kehamilan. Telur juga kaya akan kolin yang dapat mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak sambil membantu mencegah cacat tulang saraf. Telur juga mengandung omega-3 yang sangat penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan. Sehingga telur sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Memang telur tinggi kolesterol, namun telur juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah hanya sekitar satu setengah gram per butirnya. Sehingga wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi 1-2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh.

Ikan Salmon

Kandungan gizi pada ikan salmon sangat baik untuk ibu hamil. Ikan Salmon mengandung protein dengan kualitas tinggi dan merupakan sumber omega 3 lemak yang berguna untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Selain itu, ikan salmon mengandung lebih sedikit merkuri dibanding dengan ikan yang lainnya, sehingga aman untuk ibu hamil. Karena merkuri sendiri sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengganggu perkembangan sistem saraf janin. Namun, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi salmon terlalu banyak. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi ikan salmon dengan batasan 12 ons per minggu untuk mengurangi bahaya merkuri tersebut.

Kacang

Jenis kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang akan memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Jenis kacang yang paling baik adalah buncis, karena buncis mengandung serat dan protein yang paling banyak dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lainnya. Protein memang sangat penting untuk ibu hamil, namun serat juga tak kalah penting untuk ibu hamil. Biasanya saat hamil, saluran pencernaan melambat sehingga mengakibatkan sembelit dan wasir. Sehingga serat yang terkandung pada buncis dapat membantu mencegah dan meringankan masalah sembelit dan wasir. Selain itu, makanan yang mengandung serat cenderung kaya akan gizi, terutama jenis bijian-bijian karena biji juga merupakan sumber yang baik dari besi, kalsium, dan seng.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga mempunyai manfaat untuk ibu hamil. Ubi jalar yang berwarna oranye mengandung karotenoid, pingmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Sehingga ibu hamil bisa mendapatkan asupan vitamin A dari ubi jalar yang berwarna kuning atau oranye ini. Selain itu, ubi jalar juga mempunyai kandungan lainnya yang dapat membantu kesehatan janin yaitu serat, vitamin C dan juga folat.

Walnut

Jika ibu hamil tidak suka mengkonsumsi telur atau ikan, ibu bisa mengkonsumsi Walnut, karena pada walnut terdapat kandungan omega-3 yang baik untuk kandungan Anda. Walnut adalah salah satu sumber yang kaya akan nabati omega-3. Walnut sangat cocok untuk snack atau bahan salad.

Sayuran Hijau

Tidak perlu diragukan lagi bahwa sayuran hijau memang sangat baik untuk ibu hamil. Sayur hijau memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, K dan Folat. Sayuran hijau yang paling bagus adalah sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam dan brokoli. Selain baik untuk kesehatan janin, sayuran hijau juga baik untuk kesehatan mata.

Daging Tanpa Lemak

Daging adalah sumber protein tinggi. Sehingga daging sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun yang harus diperhatikan adalah ibu hamil harus mengkonsumsi daging tanpa lemak atau lemaknya sudah dipisahkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya perpindahan bakteri antara daging seperti salmonella pada janin anda.

Ibu hamil bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi yang itu-itu saja maka akan kelebihan vitamin itu dan kekurangan vitamin yang lain. Untuk itu, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan tersebut dengan makanan sehat lainnya secara selang-seling agar vitaminnya dapat bermacam-macam. Ibu juga harus memperhatikan pantangan makanan ibu hamil, sehingga tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.