Ibu Hamil 1 Minggu Pertama

(Foto: freedigitalphotos.net)

Minggu pertama kehamilan masih termasuk dalam periode menstruasi, karena tanggal perkiraan kelahiran bayi Anda dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda. Pada minggu pertama ini belum terjadi pembuahan, dan baru terjadi proses pembentukan antara sperma dan sel telur. Proses pembentukan antara sperma dan sel telur ini yang akan memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi di dalam rahim Anda.

Perkembangan Janin pada Usia Kandungan 1 Minggu

Janin sudah memiliki bekal genetik 46 jenis kromosom manusia.  Pada masa ini embrio membutuhkan nutrisi berupa  oksigen dari ibu. Sel telur yang berada di dalam rahim, berbentuk seperti lingkaran sinar yg mengelilingi matahari. Sel ini akan bertemu dengan sel-sel sperma dan memulai proses pembuahan.

Kondisi Ibu

Pada minggu pertama ini, Ibu belum banyak yang menyadari kalau dirinya hamil walaupun sudah telat datang bulan.

Yang Harus Dilakukan

  • Menjaga kesehatan
  • Makan makanan sehat
  • Minum vitamin untuk kehamilan yang mengandung asam folat.

Tips Kehamilan

Jangan kecewa jika Anda belum hamil pertama kalinya. Karena setiap bulan perempuan memiliki kesempatan 25% untuk hamil, sehingga Anda mungkin perlu mencoba lebih dari sekali.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Mual saat Hamil
Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Mual adalah salah satu tanda jika ibu sedang hamil. Kadang mual ini sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Berbagai cara telah kami tulis untuk mengatasi mual saat hamil. Mulai dari mengurangi makanan, pilihan asupan makanan dan lain sebagainya.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan
Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Tanda-tanda kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri yang menginginkan untuk memiliki buah hati. Kenali Tanda-Tanda Awal Kehamilan anda dengan membaca artikel berikut ini.