Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Mual adalah salah satu tanda jika ibu sedang hamil. Kadang mual ini sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Berbagai cara telah kami tulis untuk mengatasi mual saat hamil. Mulai dari mengurangi makanan, pilihan asupan makanan dan lain sebagainya.

PanduanIbu.com - Sangat wajar apabila wanita hamil mengalami berbagai keluhan seperti pusing, mual, muntah dan sebagainya. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada awal masa kehamilan sehingga sering dianggap sebagai tanda-tanda kehamilan.

Mual pada saat hamil ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen dan hormon progesteron sehingga mempengaruhi fungsi neuron serta fungsi alat tubuh lainnya. Peubahan hormon tersebut dapat membuat wanita hamil menjadi sensitif terhadap bau makanan yang menyengat maupun penampakan makanan.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil

Mual pada ibu hamil sangat umum terjadi pada awal masa kehamilan. Sebagian ibu hamil mengalami mual berlebihan atau kadarnya cukup berat, namun ada juga yang tidak terlalu merasakannya. Apabila berlebihan maka keadaan ini akan sangat menganggu dan menimbulkan kecemasan pada wanita hamil karena ibu hamil akan kehilangan nafsu makannya, sehingga setiap selesai makan pasti semuanya akan dimuntahkan. Padahal janin yang ada di dalam kandungan membutuhkan asupan gizi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Morning sickness yang dialami oleh ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga Ibu harus mengetahui cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mual saat hamil muda:

  1. Makan makanan dengan porsi kecil namun sering, karena apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar maka akan menambah rasa mual dan muntahnya. Pilihlah makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk memeberikan manfaat lebih selama hamil dan untuk memperkuat janin.
  2. Biasakan bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu, jangan langsung beranjak dari tempat tidur. Ibu bisa duduk dulu untuk beberapa menit dan bangun secara perlahan.
  3. Hindari makanan pedas yang mengandung lemak dan berminyak, karena jika mengkonsumsi makanan tersebut akan memperburuk rasa mual dan muntah.
  4. Konsumsi makanan yag mengandung karbohidrat tinggi dan protein seperti sayur, buah, kentang, biskuit, dan lain-lain. Hal ini akan membantu mengatasi mual dan muntah yang berlebihan.
  5. Minum air putih yang cukup atau minum jus. Hal ini selain mengatasi mual dan muntah juga dapat mengatasi dehidrasi akibat morning sickness yang berlebihan.
  6. Mengkonsumsi minuman jahe atau permen jahe. Hal ini merupakan cara tradisional namun terbukti dapat membantu mengatasi mual dan muntah yang berlebihan.
  7. Menghindari stres. Jika ibu hamil mengalami stres maka hal itu justru akan memperburuk rasa mual dan muntah yang dialami.
  8. Luangkan waktu untuk untuk istirahat yang cukup atau beristirahat santai dengan mendengarkan musik atau membaca majalah seputar kehamilan.