5 Masalah Kehamilan dan Solusinya

Saat hamil kondisi fisik sang ibu banyak berubah. Masalah kesehatan ringan pun sering dialami para ibu. Berikut ini adalah 5 masalah kesehatan ringan yang sering di alami ibu pada masa kehamilan dan solusinya.
5 Masalah Kehamilan dan Solusinya

PanduanIbu.com - Pada proses kehamilan, perubahan fisik ibu akan terasa sangat menggangu. Bahkan banyak masalah kesehatan pada masa kehamilan yang akan muncul. Apa sajakah masalah yang muncul pada masa kehamilan dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini 5 masalah kehamilan yang sering dialami ibu hamil pada masa kehamilan dan solusinya.

Pusing pada Masa Kehamilan

Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat ibu merasa pusing.

Solusi dari masalah pusing pada ibu hamil adalah dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat hormonal, penanganan cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia atau hipertensi, maka harus diatasi dulu penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah kurangi aktifitas dan penghematan energi. Jika tidak kuat dengan pusingnya, coba meminum obat yang aman seperti parasetamol.

Mual dan Muntah pada Masa Kehamilan

Rasa mual dan muntah hampir dialami 50% hingga 70% wanita dan terkadang disertai pegal, psuing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trisemester pertama kehamilan. Keluhan ini sering disebut Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta berkembang dan menghasilkan hormon HCG. Hormon inilah yang menyebabkan sering terjadi mual dan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung.

Solusi dari keluhan mual dan muntah ini adalah menyediakan snack ringan seperti crackres, kue beras, atau sebatang coklat disamping tempat tidur ibu. Makanlah makanan tersebut ketika anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan tersebut bisa menghilangkan rasa mual. Selain itu, perbanyak makanan yang tinggi karbohidrat, minum air putih, mengkonsumsi vitamin B6, menjauhi makanan pedas dan yang paling penting bersikaplah positif terhadap kehamilan dapat menggurangi mual-mual.

Buang Air Kecil pada Masa Kehamilan

Keluhan buang air kecil paling sering dialami oleh ibu hamil. Adanya janin membuat tekanan pada kantung kemih. Kadangkala penyebabnya kecenderungan ibu hamil yang minum lebih banyak. Akibatnya, ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. Selain itu letak kandung kemih bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang. Itulah sebabnya ibu hamil sering buang air kecil.

Solusi dari keluhan ini adalah jangan menunda buang air kecil. Karena jika anda menunda buang air kecil, maka akan menyebabkan infeksi saluran pembuangan.

Kram dan Sakit pada Kaki

Menjelang akhir masa kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut akan bengkak sedikit karena meyimpan cairan. Gejala ini terasa waktu bangun pagi hari dan mulai membaik di siang hari.

Solusi dari keluhan ini adalah dengan melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerakan bagian tangan dan mengurut kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Agar kram tidak terlau menggangu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan dan cukup istirahat.

Pegal-Pegal pada Masa Kehamilan

Penyebab pegal-pegal bisa dikarenakan ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Selama kehamilan, ibu membawa beban berlebih, sehingga otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak dan berolahraga.

Solusi dari masalah pegal-pegal adalah senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium.

Itulah beberapa keluhan ibu hamil yang sering dialami oleh ibu hamil dan solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda ibu hamil di seluruh indonesia