Persiapan Sebelum Melahirkan

Biasanya menjelang melahirkan ibu hamil merasa panik dan cemas karena tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk persiapan menjelang melahirkan.

PanduanIbu.com - Saat mendekati waktu menjelang kelahiran kebanyakan ibu merasa panik dan cemas. Biasanya panik ini terjadi karena mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk persiapan sebelum melahirkan. Padahal seharusnya ibu hamil harus mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingnkan.
Ketika ibu hamil merasa cemas pada saat menjelang kelahiran justru akan berdampak pada proses kelahirannya. Ibu saat melahirkan mungkin akan lebih merasakan kesakitan karena ibu tidak mampu untuk rileks atau mungkin waktu persalinannya akan lama. Untuk itu, ibu harus mengetahui hal penting yang bisa dilakukan menjelang melahirkan. Agar tidak panik dan cemas, Ibu bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

Memanjakan Diri

Sebelum melahirkan, sebaiknya ibu menyediakan waktu yang lebih untuk memanjakan diri, misalnya pergi ke salon untuk mempercantik diri agar penampilannya terlihat lebih segar, karena nanti ketika ibu sudah melahirkan pasti akan sibuk dengan kehadiran si kecil dan tidak begitu memperhatikan penampilan lagi.

Membaca Buku dan Sharing

Jika ini merupakan persiapan melahirkan anak pertama, maka ibu akan membutuhkan banyak informasi. Nah, ibu bisa mendapatkan informasi dan tips persiapan melahirkan tersebut dengan membaca buku-buku tentang kehamilan, persalinan atau lainnya. Ibu juga bisa sharing dengan dokter atau dengan ibu-ibu hamil lain yang sudah berpengalaman.

Menonton Film

Jika Ibu masih kuat dan masih merasa nyaman dengan kehamilannya, mungkin Ibu bisa pergi menonton film ke bioskop bersama suami. Tetapi jika Ibu merasa tidak cukup kuat untuk pergi ke bioskop, Ibu bisa membeli atau menyewa beberapa film untuk ditonton di rumah bersama suami.

Babymoon Time

Ini adalah saat yang tepat untuk Ibu dan suami bermesraan sambil membelai si kecil yang sebentar lagi akan lahir ke dunia. Hal ini sepertinya wajib dilakukan sebelum Ibu melahirkan, agar si kecil juga merasakan kedekatan dengan ayah dan ibunya.

Mommy Time

Selain babymoon time dengan suami, Anda juga harus meluangkan waktu untuk berkumpul bersama dengan orang-orang terdekat atau sahabat dan teman-teman yang memiliki pengalaman yang sama dengan Anda. Misalnya bersantai-santai dengan mereka agar calon Ibu lebih merasa rileks.

Mempersiapkan Keuangan

Mempersiapkan keuangan adalah hal penting yang bisa anda lakukan sebelum melahirkan. Pastikan Ibu dan suami mempunyai cadangan biaya untuk persiapan melahirkan caesar apabila tiba-tiba Ibu diharuskan untuk melahirkan dengan cara operasi caesar.

Album Foto

Album foto bisa Ibu siapkan untuk mengabadikan perkembangan Anak. Ibu bisa memulainya dari anda hamil, foto pernak-pernik perlengkapannya, hingga bayi Ibu lahir dan tumbuh besar.

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Salah satu perlengkapan persiapan melahirkan yang tidak ketinggalan adalah perlengkapan bayi. Tentu yang satu ini pasti sudah dipersiapkan sebelum bayi lahir. Yang terpenting adalah baju-baju dan popok bayi. Tidak harus bermerk dan mahal, tetapi yang perlu diperhatikan adalah kualitasnya.

Olahraga Ringan

Sebaiknya Ibu biasakan untuk bangun lebih pagi, setelah bangun tidur lakukan olahraga kecil seperti berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal sambil menikmati udara segar pagi hari atau hanya sekedar berptar-putar di dalam rumah, sehingga otot-otot tubuh tidak kaku.

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan merupakan salah satu persiapan melahirkan normal. Perbanyaklah latihan pernapasan seperti yang sudah dipelajari saat senam, sehingga dengan pernapasan teratur proses melahirkan akan lebih lancar dan mudah. Latihan pernapasan ini juga bisa membuat ibu menjadi rileks dan tidak tegang. Ibu tidak perlu khawatir dengan cerita-cerita miring saat melahirkan, karena proses melahirkan setiap orang berbeda-beda.

Beberapa tips di atas bisa Ibu lakukan untuk merilekskan badan dan pikiran agar tidak tegang dan cemas. Tetapi Ibu juga harus mempunyai waktu tidur yang cukup sebelum melahirkan. Karena nanti setelah melahirkan mungkin jam tidur Ibu akan berkurang.