4 Tips Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid sangat menggangu aktifitas dan kebanyakan wanita memilih istirahat daripada melanjutkan aktifitas pada saat haid.

Image

Hampir semua wanita pernah mengalami nyeri haid. Nyeri haid sangat menggangu aktifitas dan kebanyakan wanita memilih istirahat daripada melanjutkan aktifitas. Terkadang sebagian wanita sampai mengkonsumsi obat pereda nyeri tanpa resep dari dokter. Daripada mengkonsumsi obat pereda nyeri secara bebas yang tidak tahu efek sampingnya, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini untuk meredakan nyeri haid:

Berbaring

Saat haid biasanya akan merasakan nyeri punggung, maka sebaiknya berbaringlah di alas yang rata dan  gunakan bantal untuk menyangga lutut. Dengan berbaring sebentar, maka nyeri haid akan sedikit berkurang.

Menghangatkan perut

Menghangatkan perut dengan botol yang diisi air hangat lalu guling-gulingkan di sekitar perut yang sakit. Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Menghangatkan perut dengan cara ini sangat ampuh untuk meredakan nyeri sakit perut.

Mengkonsumsi zat besi

Pada saat nyeri haid perbanyaklah mengkonsumsi zat besi, karena biasanya saat haid wanita akan kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi ini terkandung dalam makanan seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

Olahraga

Lakukan olahraga ringan saat haid jika kondisi badan memungkinkan untuk melakukan olahraga, misalnya berjalan kaki. Tetapi apabila kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya lakukan olahraga secara  rutin pada saat tidak sedang haid, karena olahraga akan memperlancar peredaran darah.